Home Kategori Info Bunga 10 Jenis Tanaman Hias Paling Populer dan Perawatannya

10 Jenis Tanaman Hias Paling Populer dan Perawatannya

813
0
Jenis Tanaman Hias

Melakoni aktivitas bertanam atau budidaya tanaman hias jadi tren sebagian kalangan belakangan ini. Apalagi di tengah kampanye #dirumahaja dan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa daerah demi menekan penyebaran virus corona. Beragam varietas tanaman hias mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Berikut 10 jenis tanaman hias negara tropis paling populer tahun ini dan banyak diminati oleh para kolektor tanaman hias.

1. Sukulen

Sukulen merupakan tanaman hias hemat air yang paling populer belakangan ini. Jenis tanaman ini memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air. Beberapa jenis sukulen yang dapat dijadikan budidaya tanaman hias antara lain kaktus, echeveria, jade plant, stonecrop, dan aloe.

2. Monstera

Monstera adalah tanaman asli hutan tropis Amerika bagian Tengah yang memiliki bentuk daun hijau tua yang khas. Salah satu jenis monstera yang paling sering dibudidayakan dan terkenal adalah Monstera deliciosa. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias terpopuler dan memiliki daya tumbuh yang cepat, terutama Monstera deliciosa borsigiana. Monstera termasuk dalam keluarga talas-talasan dan sering digunakan untuk dekorasi ruangan indoor.

3. Philodendron micans

Philodendron micans adalah jenis tanaman hias yang sering digantung di beberapa sudut ruangan atau teras rumah. Tanaman ini memiliki warna yang apik dengan bentuk daun yang khas, terutama spesies Micans yang terkenal dengan daun berwarna hijau ke arah marun. Philodendron bisa diletakkan di sudut ruangan atau digantung untuk memberikan sentuhan hiasan yang menarik.

Kesimpulan

Berkebun atau budidaya tanaman hias tak hanya menjadi tren belakangan ini, tetapi juga menjadi hobi dan bisnis yang diminati oleh banyak orang. Negara tropis seperti Indonesia memiliki beragam jenis tanaman hias populer, seperti sukulen, monstera, dan philodendron micans. Perawatan tanaman hias harus disesuaikan dengan jenisnya dan kondisi lingkungan tempat tumbuhnya. Selain itu, ada juga beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk pemula, seperti lidah mertua dan kaktus. Dengan pemilihan yang tepat dan perawatan yang baik, tanaman hias dapat menyulap ruangan menjadi lebih asri dan menyegarkan udara di sekitarnya.

Poin Penting

  • Terdapat 10 jenis tanaman hias paling populer di Indonesia.
  • Sukulen merupakan tanaman hias hemat air yang banyak diminati.
  • Monstera adalah tanaman hias asli hutan tropis dengan bentuk daun khas.
  • Philodendron micans cocok digunakan sebagai tanaman hias gantung.
  • Perawatan tanaman hias harus sesuai dengan jenis dan kondisi lingkungan.

1. Sukulen

Sukulen merupakan tanaman hias hemat air yang paling populer belakangan ini. Jenis tanaman ini memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air. Beberapa jenis sukulen yang dapat dijadikan budidaya tanaman hias antara lain kaktus, echeveria, jade plant, stonecrop, dan aloe.

Sukulen memiliki kemampuan adaptasi yang baik terhadap kondisi lingkungan yang kering dan jarang mendapatkan air. Oleh karena itu, tanaman ini cocok untuk mereka yang memiliki jadwal sibuk atau sering lupa menyiram tanaman. Selain itu, keindahan dan beragam bentuk serta warna daunnya menjadikan sukulen sebagai pilihan favorit para pecinta tanaman hias.

Budidaya tanaman sukulen relatif mudah dilakukan. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun juga bisa tumbuh di tempat yang sedikit teduh. Media tanam yang baik adalah campuran tanah berpasir dan berhumus dengan drainase yang baik. Selain itu, sukulen dapat ditanam dalam pot atau wadah bertingkat untuk memberikan tampilan yang menarik.

Koleksi Jenis Sukulen

  • Kaktus: Jenis tanaman sukulen yang dikenal dengan daun yang berduri dan berbagai bentuk yang unik.
  • Echeveria: Sukulen dengan daun berbentuk rosette dan memiliki beragam warna seperti hijau, merah, dan ungu.
  • Jade Plant: Jenis sukulen dengan daun tebal berwarna hijau keabu-abuan dan bisa tumbuh menjadi pohon mini.
  • Stonecrop: Sukulen dengan daun yang tebal, memiliki bunga berwarna-warni dan mudah tumbuh di batu atau tebing.
  • Aloe: Jenis sukulen yang populer dengan daun berdaging dan memiliki khasiat untuk kesehatan kulit.
Jenis SukulenKelebihanKondisi Tumbuh
KaktusMemiliki berbagai bentuk yang unik dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang kering.Pencahayaan penuh atau sedikit teduh, tanah berpasir dengan drainase yang baik.
EcheveriaWarna daun yang indah dan mudah dipelihara.Pencahayaan penuh atau sedikit teduh, tanah berpasir dan berhumus dengan drainase yang baik.
Jade PlantDapat tumbuh menjadi pohon mini dan toleran terhadap kekurangan air.Pencahayaan penuh atau sedikit teduh, tanah berpasir dan berhumus dengan drainase yang baik.
StonecropBunga yang cantik dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang kering.Pencahayaan penuh atau sedikit teduh, tanah berpasir dengan drainase yang baik.
AloeMemiliki khasiat untuk kesehatan kulit dan mudah dipelihara.Pencahayaan penuh atau sedikit teduh, tanah berpasir dengan drainase yang baik.

2. Monstera

Monstera adalah tanaman asli hutan tropis Amerika bagian Tengah yang memiliki bentuk daun hijau tua yang khas. Salah satu jenis monstera yang paling sering dibudidayakan dan terkenal adalah Monstera deliciosa. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias terpopuler dan memiliki daya tumbuh yang cepat, terutama Monstera deliciosa borsigiana. Monstera termasuk dalam keluarga talas-talasan dan sering digunakan untuk dekorasi ruangan indoor.

Jenis monstera ini memiliki daun yang besar dan berlubang-lubang, memberikan tampilan yang unik dan menarik. Bentuk daun monstera yang khas dan berbeda dari tanaman hias lainnya membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi pecinta tanaman. Monstera deliciosa juga sering disebut dengan sebutan “tanaman cerdas” karena daunnya yang bertekstur menyerupai jaring laba-laba. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu menyegarkan udara di sekitar ruangan.

Monstera Deliciosa Borsigiana vs. Monstera Deliciosa

Ada perbedaan antara Monstera deliciosa borsigiana dan Monstera deliciosa. Monstera deliciosa borsigiana memiliki daun yang lebih kecil dan lebih tahan terhadap sinar matahari langsung. Sementara itu, Monstera deliciosa memiliki daun yang lebih besar dan membutuhkan lebih banyak perawatan untuk tumbuh dengan baik.

Perawatan Monstera

Meskipun Monstera termasuk tanaman yang mudah tumbuh, perawatannya tidak boleh diabaikan. Beberapa tips perawatan monstera yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Tempatkan monstera di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun hindari sinar matahari langsung pada daunnya.
  • Pastikan tanah tempat tumbuh monstera selalu lembab, tetapi tidak terlalu basah.
  • Berikan pupuk yang sesuai secara teratur untuk memastikan pertumbuhan yang optimal.
  • Perhatikan kesehatan tanaman dan bersihkan daun dari debu secara berkala.
  • Jaga suhu ruangan agar tetap stabil dan tidak terlalu dingin.

Dengan perawatan yang baik, Monstera dapat tumbuh dengan subur dan menjadi penambah keindahan dalam ruangan Anda.

Nama TanamanBentuk DaunPerawatan
Monstera Deliciosa BorsigianaBesar, berlubang-lubangTahan sinar matahari langsung, perawatan mudah
Monstera DeliciosaBesarPerawatan lebih intensif

3. Philodendron Micans

Philodendron micans adalah jenis tanaman hias yang sering digantung di beberapa sudut ruangan atau teras rumah. Tanaman ini memiliki warna yang apik dengan bentuk daun yang khas, terutama spesies Micans yang terkenal dengan daun berwarna hijau ke arah marun. Regar Seperti yang bisa ditemukan pada gambar berikut:

Tanaman Philodendron micans memiliki keindahan yang unik dan menarik, sehingga menjadi pilihan yang populer dalam menghias sudut ruangan. Selain itu, kelebihan lain dari tanaman ini adalah kemampuannya untuk tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki cahaya yang redup. Hal ini membuat tanaman ini cocok untuk diletakkan di sudut ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Tanaman hias gantung seperti Philodendron micans juga memiliki keunggulan dalam memberikan kesan segar dan memberikan sentuhan dekoratif dalam ruangan. Dengan memanfaatkan tanaman ini, kita bisa menciptakan sudut ruangan yang lebih hidup dan menarik bagi penghuni rumah. Kombinasi antara warna daun yang menarik dan bentuk tanaman yang menggantung membuat Philodendron micans menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan tampilan ruangan yang elegan.

Kesimpulan

Berkebun atau budidaya tanaman hias telah menjadi tren yang populer belakangan ini. Di Indonesia, terdapat beragam jenis tanaman hias yang diminati oleh banyak orang, seperti sukulen, monstera, dan philodendron micans. Untuk merawat tanaman hias dengan baik, perlu memperhatikan jenis tanaman dan kondisi lingkungan tempat tumbuhnya.

Perawatan tanaman hias yang tepat meliputi penyiraman yang cukup, pemupukan secara teratur, serta pencahayaan yang sesuai. Selain itu, memilih tanaman hias yang cocok untuk pemula juga merupakan hal yang penting. Tanaman seperti lidah mertua dan kaktus dapat menjadi pilihan yang cocok untuk pemula yang ingin memulai berkebun.

Dengan perawatan yang baik, tanaman hias dapat menciptakan suasana ruangan yang lebih asri dan menyegarkan udara di sekitarnya. Tanaman hias populer ini dapat menjadi tambahan yang indah untuk dekorasi rumah atau kantor Anda. Jadi, mari mulai berkebun dan menanam tanaman hias untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di sekitar kita.

FAQ

Apa saja jenis tanaman hias paling populer tahun ini?

Jenis tanaman hias paling populer tahun ini antara lain sukulen, monstera, dan philodendron micans.

Bagaimana cara merawat tanaman hias sukulen?

Tanaman sukulen membutuhkan sedikit air dan cahaya yang cukup. Perawatan yang baik untuk sukulen adalah dengan memberikan mereka sinar matahari pagi atau sore, dan memberi air secukupnya setelah tanah benar-benar kering.

Bagaimana cara merawat tanaman hias monstera?

Tanaman monstera membutuhkan cahaya yang terang namun tidak langsung terkena sinar matahari. Anda juga perlu memperhatikan kelembapan udara dan memastikan tanah tetap lembab tetapi tidak terlalu basah.

Apa yang membuat tanaman hias philodendron micans menarik?

Philodendron micans memiliki warna daun yang apik dan bentuk daun khas. Tanaman ini sering digantung di sudut ruangan atau teras rumah untuk memberikan sentuhan hiasan yang menarik.

Apa saja jenis tanaman hias yang cocok untuk pemula?

Beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk pemula antara lain lidah mertua dan kaktus. Tanaman ini relatif mudah dirawat dan toleran terhadap kesalahan pemula dalam merawatnya.

Bagaimana cara merawat tanaman hias dengan baik?

Setiap jenis tanaman hias memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Pastikan untuk memberikan mereka cahaya yang cukup, air dengan sewajarnya, dan perhatikan kelembapan udara. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa tanaman secara teratur dan membersihkan daun yang kotor atau layu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here