Home Manfaat Tanaman Ada 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Salah Satunya Menghilangkan Komedo

Ada 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Salah Satunya Menghilangkan Komedo

120
0
manfaat lidah buaya
manfaat lidah buaya

Benihonline.com Manfaat lidah buaya sangat banyak, yang kita akan bahan ada 6 manfaatnya. Lidah buaya (Aloe vera)  adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Tanaman ini biasanya sering dikatakan tanaman herbal. Mengapa bisa dikatakan tanaman herbal? karena tanaman ini memiliki sejuta manfaat bai kesehatan maupun kecantikan. Namun, artikel ini akan membahas mengenai manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Lidah buaya atau kerap disebut aloe vera sendiri merupakan tanaman yang memiliki daging tebal pada bagian daunnya. Tanaman yang diperkirakan sudah ada sejak lama ini, biasa menjadi tanaman hias di lingkungan masyarakat.

Jika ditelusuri lebih dalam, tanaman lidah buaya memiliki dua jenis cairan, yakni cairan bening berupa gel dan cairan berwarna kekuningan yang mengandung aloin. Grameds bisa mendapatkan cairan bening pada lidah buada dengan membelah bagian daunnya.

Cairan bening berupa gel yang dimiliki lidah buaya mengandung antijamur dan antibakteri yang dapat menstimulasi fibroblas. Apa itu fibroblas? Fibroblas merupakan sel-sel kulit yang berguna untuk menyembuhkan luka.

Kemudian cairan berwarna kekuningan yang ada pada lidah buaya biasa disebut dengan eksudat. Getah yang keluar ketika daun lidah buaya dipotong merupakan eksudat. Cairan berwana kekuningan ini memiliki bentuk yang cukup kental dengan rasa pahit. Yuk, sekarang kita bahas mengenai manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Ada beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan wajah. Yuk, merapat! berikut penjelasannya:

1. Melembapkan Kulit

Melembapkan kulit adalah salah satu manfaat lidah buaya. Sudah banyak tanaman ini digunakan sebagai produk kecantikan alami yang bisa mengatasi kulit kering pada wajah. Didalam gel lidah buaya  terkandung 98% air yang dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit.

BACA JUGA  Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar

Gel lidah buaya sendiri dapat diserap kulit dengan mudah karena memiliki kandungan mineral, enzim, antioksidan, vitamin, A, vitamin C, dan vitamin E. Hal tersebut menjadikan lidah buaya atau aloe vera sebagai pelembap alami untuk kulit wajah. Kemudian gel lidah buaya dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.

Dengan mengoleskan getah lidah buaya ke kulit, Grameds bisa menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit secara alami. Seperti yang sudah disebutkan di atas, lidah buaya memiliki kandungan vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lidah buaya sebagai pencegah kerutan dan penuaan dini, lho. Aloe vera memiliki sifat antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan dan membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten pada lidah buaya dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah garis halus dan kerutan. Gel alami dari lidah buaya dapat membuat kulit Grameds menjadi lebih kenyal dan sehat.

Gel pada lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang diyakini mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, lidah buaya atau aloe vera dapat mencegah sekaligus memperlambat penuaan dini sehingga kulit kamu akan terlihat lebih awet muda.

Baca juga : Cara Menanam Lidah Buaya

3. Mengatasi Jerawat

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Kandungan asam salisilat di dalam lidah buaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.Kemudian manfaat lidah buaya atau aloe vera, yaitu dapat mengobati jerawat meradang, seperti nodul dan pustula. Selain itu, kandungan lidah buaya juga dapat membantu mencegah timbulnya bekas jerawat.

BACA JUGA  Amazing , 7 Manfaat Buah Tomat Untuk Wajah Dan Bibir Serta Cara Memakainya

Gel alami aloe vera membantu mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Grameds cukup mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah yang berjerawat tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Mencerahkan Kulit

Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya dapat menyeimbangkan kulit menjadi lebih cerah dan menurunkan produksi pigmentasi. Manfaat yang tak kalah penting ialah lidah buaya dapat menjadi pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel berlebih.

Lidah buaya sebagai tanaman hias bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Grameds bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker untuk menghindarkan tampilan wajah kusam yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

5. Mengatasi Luka Bakar

Gel alami yang dimiliki lidah buaya dapat membantu kamu untuk mengobati luka bakar. Tanaman aloe vera memiliki getah yang kerap dipakai sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar. Bagi kamu yang mengalami luka bakar, getah lidah buaya diyakini mampu mempersingkat waktu penyembuhan jaringan kulit pada luka bakar. Mengapa? Karena lidah buaya memiliki kandungan antioksidan kuat, kalsium, dan sifat pelembap alami yang dapat membantu memperbaiki dan melindungi kerusakan sel kulit.

6. Mengatasi Mata Panda

Tanaman lidah buaya memiliki kelebihan sebagai bahan alami pelembap kulit. Kandungan yang ada di dalam lidah buaya diyakini efektif untuk mengurangi lingkar hitam mata secara alami. Gel yang dimiliki lidah buaya turut membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit. Hal tersebut dapat membantu melembapkan kulit di daerah sekitar mata tampak lebih cerah. Bagaimana caranya? Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya sebelum tidur di daerah sekitar mata dan biarkan semalaman.

Previous article10 Manfaat Bunga Mawar (Rose) Untuk Kesehatan Kulit
Next articleEasy , Cara Membuat Pestisida Alami untuk membasmi Hama
Penulis di Benih online dot com - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here