Home Kategori Budidaya Amazing, Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Hidroponik

Amazing, Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Hidroponik

291
0
cara menanam bunga matahari
Bunga matahari

Benihonline.com. Pada artikel ini kita akan membahas cara menanam bunga matahari. Jenis tanaman untuk dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah cukup banyak. Anda bisa memilih tanaman mana yang akan ditanam misalnya jenis tanaman bunga matahari. Meskipun bunga matahari memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan mawar dan lainnya. Tetapi, bunga ini cukup menarik perhatian. Bunga matahari berwarna kuning dan berbentuk hampir sama dengan matahari. Ciri khas dari bunga matahari selalu searah dengan matahari langsung.

Cara menanam bunga matahari juga cukup terbilang mudah dan memiliki banyak manfaat. Selain bisa menambah keindahan rumah juga bisa diolah menjadi kuaci dan bisa digunakan untuk berbagai penyakit seperti darah tinggi.Kuaci dari bunga matahari bisa dijadikan sebagai bibit untuk tanaman baru. Lalu, bagaimana cara menanam bunga matahari dari kuaci?

CARA MENANAM BUNGA MATAHARI DENGAN HIDROPONIK

Bunga matahari dengan hidroponik

Teknik hidroponik adalah cara menanam bunga matahari menggunakan air, oksigen dan nutrisi tanpa tanah. Hidroponik lebih ke mencukupkan nutrisi untuk tanaman tersebut. Penanaman bunga matahari akan ditambahkan dengan cahaya LED dan pemupukan. Kelebihan menanam matahari dengan hidroponik, anda tidak perlu melakukan penyiraman lagi karena sudah ada nutrisi di media tanam hidroponik.

Tips untuk menanam matahari dengan hidroponik

Bunga matahari bisa dilakukan dengan cara konvensional dan hidroponik. Cara menanam bunga matahari dari kuaci adalah:

Mempersiapkan benih

Memilih benih bunga matahari harus yang bagus dan kualitas. Benih bisa didapatkan dari biji bunga matahari. Jenis bunga matahari juga banyak mulai dari velvet queen hingga evening sun. Setiap jenis bunga matahari memiliki keunggulan masing-masing.

BACA JUGA  Cara Menanam Bawang Putih di Pot dengan mudah

Untuk membeli benih, biji yang digunakan untuk ditanam dan dimakan itu berbeda. Biji budidaya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kuaci yang dimakan. Lakukan pemilihan biji dan rendam biji ke dalam air selama 10 menit. Gunakan biji yang tenggelam daripada yang mengapung.

Melakukan semai biji matahari

Biji bunga matahari tadi disimpan di media lain. Tunggu pertumbuhan biji hingga berdaun sejati. Kemudian baru dipindahkan ke media tanam hidroponik.

Mempersiapkan media

Menyiapkan media tanam pot dengan baik. Buatkan sumbu dari kain flanel di bagian bawahnya. Untuk membuat lubang di pot, anda bisa menggunakan cutter yang dipanaskan. Buatlah lubang dengan bentuk melingkar sesuai dengan ukuran pot.

Menyiapkan nutrisi

Anda bisa menggunakan nutrisi jenis AB Mix. Sediakan nutrisi dengan satu liter air. Campurkan kedua bahannya dan aduk rata. Cara menanam bunga matahari dengan kuaci memang bisa dilakukan oleh banyak orang.

Menanam benih bunga

Benih bunga yang sudah disemai tadi masukan ke dalam media pot. Gunakan sendok untuk mengambil benih bunga matahari dan berikan nutrisi di dalam pot agar bunga matahari tumbuh dengan baik dan berbunga.

Itulah cara menanam bunga matahari dari kuaci dengan media tanam hidroponik. Lakukan setiap langkah penanaman dengan baik dan perawatan secara rutin.

Previous articleCara menanam tomat di pot dan Keuntungannya
Next articleCara Menanam Kangkung Hidroponik Untuk Pemula
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here