Home Kategori Budidaya Natural , Langkah Sederhana Cara Menanam Bunga Mawar Secara mudah

Natural , Langkah Sederhana Cara Menanam Bunga Mawar Secara mudah

326
0
cara menanam bunga mawar dengan batang
Bunga mawar

Benihonline.com. Pada artikel ini akan dibahas cara menanam bunga mawar dengan batang. Mawar merupakan jenis bunga yang banyak diminati oleh banyak orang. Di pecinta tanaman, akan memilih mawar untuk ditanam. Untuk bercocok tanam mawar dapat dilakukan dengan cara menanam batang. Ini adalah cara yang efektif agar mawah bisa tumbuh lebih banyak di perkarangan rumah.

Jenis tanaman hias ini memang memiliki daya tarik sendiri mulai dari bentuk bunga hingga warnanya yang beragam. Warna-warna bunga mawar antara lain merah, pink, hingga putih. Selain itu, ada banyak warna lain. Dengan demikian pecinta bunga akan memiliki banyak pilihan warna. Lalu bagaimana cara menanam bunga mawar dari batang yang benar? yuk, langsung saja kita bahas cara menanam bunga mawar dengan batang

CARA MENANAM BUNGA MAWAR DENGAN BATANG

Media tanam untuk bunga mawar

Dalam menanam mawar, hal utama adalah mengetahui cara perawatan dari bunga tersebut. mawar hanya butuh sinar matahari dengan waktu 5 hingga 6 jam dalam sehari. Oleh karena itu, pentingnya untuk menempatkan dan menanam mawar di tempat yang terkena cukup matahari. Untuk menanam mawar sebaiknya gunakan media tanam berpasir dengan kandungan tanah liat hingga 30% atau jenis tanah latosol berpori. Tanah harus gembur dan tanam mawar dengan kandungan bahan-bahan organic yang baik. Lanjut cara menanam bunga mawar dengan batang

Jika anda menggunakan media hidroponik, anda harus menyiapkan rockwool yang sudah steril atau dengan sabut kelapa. Media ini harus disterilkan dari penyakit dengan cara masukkan ke dalam karung dan disimpan hingga 4 jam.

BACA JUGA  Simple , Kemudahan budidaya dengan Hidroponik Rakit Apung yang Mudah diaplikasikan

Cara menanam mawar dengan hidroponik

Cara menanam bunga mawar dari batang, dengan mempersiapkan media tanam terlebih dahulu. Meskipun media hidroponik tidak membutuhkan tanah, anda tetap harus menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan.

Siapkan beberapa wadah untuk menanam. Bisa menggunakan pot dan pilih yang ringan. Mempersiapkan larutan nutrisi khusus agar tanaman bisa tumbuh lebih baik. Anda bisa membeli di toko pertanian atau mencari di toko-toko tanaman online.

BACA JUGA : CARA MENANAM LIDAH BUAYA

Menyiapkan lokasi untuk hidroponik dan media tanamnya. Media tanam yang paling efektif adalah dengan arang sekam. Caranya dengan merebus arang terlebih dahulu dengan air panas. Cuci bersih arang dan keringkan. Kemudian masukkan ke dalam pot tanam.

Dibandingkan dengan menggunakan benih, penanaman mawar dengan batang memang jauh lebih mudah. Mulailah dengan menggunting atau pisau khusus pemotong batang. Kemudian lakukan penyetekan bang pada saat pagi agar tanaman masih dalam keadaan bagus. Potong batang mawar dengan panjang 15 cm hingga 20 cm. Pastikan gunting dan pisau sudah steril sebelum digunakan.

Batang yang telah dipotong direndam ke dalam larutan organic cair selama 1 jam. Anda bisa mendapatkan ini di toko tanaman. Fungsi rendaman agar batang tetap dalam keadaan segar dan mempercepat tumbuh daun bahkan bibit penyakit bisa hilang. Disamping itu, celupkan ke larutan yang bisa merangsang pembentukan akar bunga.

Cara menanam bunga mawar dari batang dengan budidaya harus diperhatikan tersedianya air dan nutrisi. Media tanaman ini tidak mengandung unsur hara sehingga harus dilakukan pemberian nutrisi secara rutin. Penyiraman wajib dilakukan dua kali sehari. Perawatan bunga matahari dengan hidroponik akan lebih optimal dan berbunga tepat waktu.

BACA JUGA  Cara Menanam Kangkung Hidroponik Untuk Pemula

Artikel : cara menanam bunga mawar dengan batang

Previous articleCara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar
Next articleCara menanam tomat di pot dan Keuntungannya
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here