Home Budidaya Cara Menanam Kangkung Hidroponik Untuk Pemula

Cara Menanam Kangkung Hidroponik Untuk Pemula

709
0
cara menanam kangkung hidroponik
kangkung hidroponik

Benihonline.com. Cara menanam kangkung hidroponik merupakan salah satu solusi untuk bertanam sayuran di rumah. Cara menanam tanaman dengan sistem hidroponik memberikan kelebihan karena hasil yang dipanen lebih baik daripada metode biasa. Budidaya kangkung dengan hidroponik bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga dan pemula. Tak perlu alat yang mahal, cukup dengan menggunakan metode rakit apung baskom dan plastik.

CARA MENANAM KANGKUNG HIDROPONIK

Kangkung merupakan tanaman yang tumbuh dengan cepat dan dapat dipanen mulai dari minggu 3-4 setelah semai benih. Untuk memanen kangkung, bisa dengan memotong batang dan membiarkan akar sehingga nanti kangkung akan tumbuh dan dipanen kembali.

Persiapan bahan dan peralatahan

  • Benih kangkung
  • Nutrisi hidroponik AB Mix khusus sayur
  • ZPT (Zat Pengatur Tumbuhan )
  • Besek plastic. Besek plastic ini seperti baskom plastic yang biasa kita dapat saat tasyakuran. Banyak lubang kecil di sisinya
  • Baskom plastik. Pilih baskom dengan diameter lebih kecil dari besek agar besek tidak menyentuh dasar baskom. Hal ini karena perlu ada jarak antara dasar baskom dengan besek sebagai tempat untuk nutrisi.

Semai bibit kangkung

Ada dua cara untuk menyemai bibit kangkung, yaitu dengan menyemai langsung ke media tanam atau menyemai terlebih dahulu ke media bibit. Setelah di semai, maka baru dipindah ke system hidroponik rakit apung. Kita akan semai dengan cara yang pertama.

  • Ambil baskom dan taruh besek
  • Tuang air hingga dasar besek
  • Tebar benih kangkung ke besek. Jangan terlalu banyak. Jika benih lebih kecil daripada lubang besek maka anda bisa menaruh tisu di dasar besek dahulu
  • Letakkan baskom di tempat teduh hingga tumbuh kecambah dan jemur di bawah matahari
BACA JUGA  Cara Menanam Bawang Putih di Pot dengan mudah

Pemupukan

Nutrisi ABMix merupakan hal penting dalam budidaya kangkung dengan system hidroponik. Berikan nutrisi sesuai dengan penggunaan. Baca table cara pemakaian. Biasanya perbandingan yang digunakan adalah 1;5;5. Masukkan nutrisi A dan B lalu aduk hingga rata. Tambahkan air nutrisi ke baskom hingga dasar besek plastik. Nutrisi ini memenuhi semua unsur hara yang dibutuhkan.

Perawatan kangkung hidroponik

Perhatikan cara menanam kangkung hidroponik dan perawatan tanaman dengan benar. Jangan sampai terlambat menambah air dan nutrisi pada air di bawah besek. Setelah 2 minggu masa tanaman, harus ditambah nutrisi. Jika air berbau tidak sedap, air harus diganti.

Panen kangkung

Tanaman kangkung yang sudah berumur 21-25 hari dapat dipanen. Bila kangkung tidak segera dipanen, bisa timbul rasa pahit pada batang dan daun.

Cara menanam kangkung hidroponik merupakan salah satu cara ketahanan pangan bagi keluarga. Bertanam sayuran sendiri bisa menghemat biaya bulanan belanja. Apabila kamu ingin mulai menanam sayuran, praktekan cara menanam kangkung hidroponik di atas.

Demikian cara menanam kangkung hidroponik secara mudah dan murah . Mudah-mudahan bisa bermanfaat

Previous articleAmazing, Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Hidroponik
Next articleCara Menanam Kunyit di Pot Agar Subur
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here