Home Budidaya Cara Menanam Kunyit di Pot Agar Subur

Cara Menanam Kunyit di Pot Agar Subur

287
0
cara menanam kunyit di pot

Benihonline.com – Bagaimana cara menanam kunyit di pot agar kunyit yang dihasilkan tumbuh besar? Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur dan tanaman obat keluarga. Banyak rumah tangga yang menanam keluarga rimpang seperti kunyit, jahe dan kencur di rumah sebagai tanaman obat.

CARA MENANAM KUNYIT DI POT

Persiapan media tanam dan bibit kunyit

Media tanam merupakan hal awal yang menentukan keberhasilan dalam budidaya kunyit di pot. Tanah yang bagus untuk menanam kunyit di pot adalah tanah yang gembur dan subur. Siapkan tanah yang sudah disiram dengan air hingga lembab. Tambahkan nutrisi untuk media tanam. Anda bisa membeli nutrisi di toko pupuk.

Menanam kunyit di pot

  • Persiapkan bibit kunyit. Bibit baiknya berasal dari indukan cukup umur, sekitar 7-12 bulan. Bibit harus melewati masa dorman/ istirahat sebelum ditanam.
  • Potong calon bibit kunyit menjadi beberapa bagian. Pastikan setiap bagian memiliki 1-3 mata tunas. Bibit yang baik memiliki panjang 3-7 cm memiliki berat 20-30 gram. Rendam dalam larutan ZPT selama 12 jam. Setelah ditiriskan letakkan di tempat lembab selama 1-1.5 bulan hingga tunas tumbuh dengan baik. Siram dua kali sehari.
  • Setelah bibit tumbuh 2-3 cm, pindahkan ke dalam pot. Buat lubang dengan kedalaman 10cm. Mata tunas menghadap ke atas dan tutup dengan tanah, namun pastikan tunas terlihat di permukaan. Waktu terbaik untuk menanam kunyit adalah waktu awal musim hujan. Panen saat kemarau

Perawatan tanaman kunyit

  • Penyulaman. Jika ada bibit kunyit yang mati atau tidak berkembang dengan baik, ganti dengan bibit lain. Lakukan penyulaman untuk bibit yang mati.
  • Penyiangan. Bersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman kunyit. Lakukan setiap 2 minggu sekali. Cabut gulma hingga akar.
  • Penyiraman. Siram tanaman di sore. Jangan siram terlalu banyak karena bisa menyebabkan rimpang busuk.
  • Pemupukan. Berikan nutrisi pupuk agar tanaman kunyit bertumbuh dengan baik. Pemupukan kunyit kombinasi pupuk kandang: kompos : tanah adalah 1;1;1; setiap 1 bulan sekali
BACA JUGA  Simple , Kemudahan budidaya dengan Hidroponik Rakit Apung yang Mudah diaplikasikan

Hama dan Penyakit

Salah satu hal penting dalam cara menanam kunyit di pot adalah pengendalian hama dan penyakit.

Panen kunyit

Kunyit bisa dipanen setelah berumur 7 -8 bulan. Ciri-ciri tanaman kunyit sudah bisa dipanen adalah jika warna daun berubah menjadi kuning atau layu. Gunakan cangkul untuk membongkar bedengan pot. Bersihkan kunyit dari tanah lalu jemur hingga kering agar tidak mudah busuk. Jika membutuhkan bibit untuk ditanam kembali, sisakan beberapa pot hingga berumur 12 bulan untuk mendapat bibit yang baik

Menanam kunyit di pot bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin berkebun namun tidak memiliki lahan yang cukup. Anda bisa menanam kunyit baik di pot maupun di polybag. Ikuti langkah cara menanam kunyit di pot dengan baik agar hasil yang anda dapat juga baik.

Demikian cara menanam kunyit di pot dengan mudah dan murah. Yuk coba tanam kunyit di rumah

Previous articleCara Menanam Kangkung Hidroponik Untuk Pemula
Next articleMengenal Tanaman Organik Aeroponik dan Sistem Budidayanya
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here