Home Manfaat Tanaman Cari Tahu Yuk! 10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu Yuk! 10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

105
0
manfaat kunyit
manfaat kunyit

Benihonline.com Manfaat kunyit memberikan banyak kandungan bagi kesehatan tubuh. Kunyit atau kunir (Turmeric) adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika.

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur. Meski begitu, manfaat kunyit tak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan.

Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kunyit memberikan banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti adanya kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Kandungan Nutrisi Kunyit

Selain manfaat kunyit, kunyit juga memiliki kandungan nutrisi. Di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram protein.
  • 168 miligram kalsium.
  • 208 miligram magnesium.
  • 299 miligram fosfor.
  • 2 gram kalium.
  • 1 miligram vitamin C.
  • 55 miligram zat besi.

Dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, alangkah baiknya kamu mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh diantaranya, yaitu:

BACA JUGA  Ada 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Salah Satunya Menghilangkan Komedo

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut. Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

2. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg). Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

3. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual. Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika kamu tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

4. Mengatasi Perut Yang Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit. Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

5. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Untuk para perempuan yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Jamu kunyit asam bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram. Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

BACA JUGA  Ada 5 Manfaat Bunga Matahari Yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang
Baca Juga: Cara Menanam Kulit Di Pot Agar Subur

6. Mengobati Mestastasis Kanker

Ada beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker ini kamu bisa gunakan jenis kunyit putih. Kegunaan kunyit putih ini dapat bermanfaat untuk kanker rahim, usus besar, dan payudara. Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat membasmi sel tumor ganas penyebab kanker serta menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Obat Alergi

Kunyit memiliki kandungan kurkumin dan bisdesmetoksi kurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh. Dua kandungan tersebut menghambat aktivitas protein berlebihan pada tubuh yang dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

8. Menangkal Bakteri Jahat

Bagi kamu yang sering merasa sakit perut atau mengalami keracunan makanan dan bakteri jahat, kamu bisa minum larutan kunyit hangat yang dapat membantu meredakan. Bukan hanya itu, kandungan pada kunyit juga bisa melawan bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut kita dan organ intim wanita.

9. Penawar Racun

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam kunyit bermanfaat untuk pertolongan pertama pada gigitan ular. Karena kunyit mampu menghambat aktivitas bisa ular pada darah, menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.

10. Mengobati Magg

Bagi kamu yang suka mengalami nyeri maag, tidak perlu selalu langsung mengkonsumsi obat. Cobalah mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala magg. Adanya kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

Demikian informasi mengenai manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh. Cocok untuk kamu penderita magg, karena kunyit dapat mengobati magg. Konsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. Semoga bermanfaat untuk Anda terimakasih.

Previous articleEasy , Cara Membuat Pestisida Alami untuk membasmi Hama
Next article8 Jenis Hama Dan Penyakit pada Tanaman Seledri
Penulis di Benih online dot com - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here