Home Kategori Manfaat & Gizi Tanaman Top , Manfaat Kacang panjang dan kandungan Gizinya

Top , Manfaat Kacang panjang dan kandungan Gizinya

367
0
kacang panjang

Benihonline.com, Jakarta. Kacang panjang dengan nama ilmiah Vigna unguiculata merupakan jenis sayuran yang banyak ditemukan di indonesia berbentuk lonjong dan panjang dengan citra rasa yang enak dan mempunyai banyak manfaat. Kacang panjang mudah dibudidayakan didaerah dataran rendah – menengah. Salah satu jenis kacang panjang yang banyak ditanam petani adalah kacang panjang kanton tavi sangat tahan virus MYMIV, tahan layu Fusarium dan layu bakteri. Mempunyai Bentuk polong silindris, warna hijau dengan ujung ungu, dengan panjang 67 cm dan sangat toleran ujung mecut. Umur mulai panen 44 HSS dengan potensi hasil 1 kg/tanaman.

Kacang Panjang ini mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah

Meningkatkan kesuburan bagi wanita

Kacang ini kaya akan zat besi yang banyak dengan mengkonsumsi secara teratur sayuran ini dengan sayuran hijau yang kaya zat besi dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita.

Mengatasi depresi / stress

Asam folat yang cukup dalam kacang ini dapat membantu mengatasi depresi. Salah satu fungsi asam folat adalah mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Terlalu banyak homocysteine ​​​​dapat menghentikan darah serta nutrisi lainnya untuk mencapai otak. Sehingga bisa mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Meningkatkan kesehatan tulang

Mengonsumsi vitamin K secara berkala dapat meningkatkan kesehatan tulang, tujuannya agar penyerapan kalsium dapat meningkat serta mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

Meringankan nyeri haid

Manfaat lainnya berasal dari kandungan mineral mangan yang berperan dalam siklus reproduksi wanita. Selain itu, mood atau suasana hati juga dapat meningkat lebih baik selama menstruasi

BACA JUGA  Ada 5 Manfaat Bunga Matahari Yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam, seperti mencerahkan wajah, serta memperlambat penuaan. Selain itu, vitamin C dalam kacang panjang juga berperan untuk mencegah masalah kulit dan mencegah kanker kulit.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lainnya mampu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolestrol yang rendah dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung, serta mencegah peradangan dalam pembuluh darah. Selain itu, dalam 100 gram kacang panjang mencakup 12% AKG.

Menjaga imun tubuh

Kandungan vitamin B5 yang terdapat dalam sayuran kacang-kacangan seperti kacang panjang ini mampu menjaga imun tubuh agar terhindar dari bakteri penyakit. Menjaga kekebalan tubuh dapat menghindarkan Anda tertular virus dan berbagai penyakit lainnya.

Mencegah resiko penyakit stroke

Stroke dapat terjadi bila supply darah ke otak tidak lancar atau terhambat. Kondisi tersebut terjadi karena pasokan oksigen terhenti, sehingga sel otak bisa berhenti berfungsi. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan dari otak adalah vitamin B6, yang bisa ditemukan dalam kacang panjang. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

Kita bisa menkonsumsi secara rutin kacang panjang dengan diimbangi sayuran hijau lainnya . Untuk meningkatkan asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh kita supaya tetap terjaga kesetannya.

Selain manfaat tersebut kita bisa mengetahui kandungan gizi dari kacang panjang ini ( dalam berat 100 gram kacang panjang) yaitu sebagai berikut ( sumber : katadata.co.id ) :

  • Energi: 39 kalori (kal)
  • Air: 88,2 g
  • Protein: 3 g
  • Serat: 1,7 g
  • Karbohidrat: 7,6 g
  • Vitamin C: 20 miligram (mg)
  • Kalsium: 100 mg
  • Beta karoten: 131 mikrogram (mcg)
  • Kalium: 100 mg
  • Fosfor: 91 mg
  • Natrium: 28 mg
  • Vitamin B2 (Ribovlavin): 0,1 mg
  • Niasin: 0,3 mg
BACA JUGA  10 Manfaat Bunga Mawar (Rose) Untuk Kesehatan Kulit

Sayuran satu ini bukan hanya kaya kandungan protein, karbohidrat, kalium, fosfor, tetapi juga zat gizi lainnya. Dari kandungan nutrisinya, diketahui bahwa kacang panjang memiliki sejumlah antioksidan yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, riboflavin, dan betakaroten.

Previous articleZat pengatur tumbuh tanaman ZPT ATONIK 6.0 Mudah dan Murah
Next articleNew , Cara Mudah Menanam Sayuran Hidroponik
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here