Home Manfaat Tanaman Ada 5 Manfaat Bunga Matahari Yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

Ada 5 Manfaat Bunga Matahari Yang Belum Diketahui Oleh Banyak Orang

108
0
manfaat bunga matahari
manfaat bunga matahari

Benihonline.com Manfaat bunga matahari yang belum diketetahui banyak orang. Bunga matahari (Common sunflower) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar.

Bunga ini memiliki bentuk yang menarik dan cantik. Ternyata, dibalik keccantikannya ada sejuta manfaat yang belum banyak diketahui oleh orang. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Amerika bagian utara, dan dapat tumbuh serta berkembang. Bunga ini memiliki ketinggian mencapai 3 meter hingga 5 meter.

Tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias, bisa ditanam di perkarangan rumah Anda. Meskipun bunga ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan mawar dan lainnya. Tetapi, bunga ini cukup menarik perhatian. Bunga matahari berwarna kuning dan berbentuk hampir sama dengan matahari. Ciri khas dari bunga matahari selalu searah dengan matahari langsung.

Bunga ini memiliki sejuta manfaat. Bahkan manfaat bunga ini tidak datang dari bijinya saja, hampir bagian bunga ini dapat dikonsumsi. Beberapa bagian yang memiliki manfaat bunga matahari sebagai makanan adalah biji, kelopak, kuncup, daun, hingga akar bunganya. Namun, nutrisi paling banyak terdapat pada bijinya.

Bunga matahari memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dalam 30 gram biji yang sudah dikupas dan dipanggang kering terdapat beberapa nutrisi diantaranya, yaitu:

  • Kalori: 163
  • Lemak jenuh: 1,5 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 9,2 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 2,7 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Karbohidrat: 6,5 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin E: 37% dari rekomendasi asupan harian
  • Niasin: 10% dari rekomendasi asupan harian
  • Vitamin B6: 11% dari rekomendasi asupan harian
  • Folat: 17% dari rekomendasi asupan harian
  • Asam pantotenat: 20% dari rekomendasi asupan harian
  • Besi: 6% dari rekomendasi asupan harian
  • Magnesium: 9% dari rekomendasi asupan harian
  • Seng: 10% dari rekomendasi asupan harian
  • Tembaga: 26% dari rekomendasi asupan harian
  • Mangan: 30% dari rekomendasi asupan harian
  • Selenium: 32% dari rekomendasi asupan harian
BACA JUGA  10 Manfaat Bunga Mawar (Rose) Untuk Kesehatan Kulit

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari

5 Manfaat Bunga Matahari

Berikut ada 5 manfaat bunga matahari yang belum Anda ketahui diantaranya, yaitu:

1. Kecantikan

Manfaat bunga matahari untuk kecantikan , Minyak matahari bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dengan cara mengoleskannya di badan dan rambut Hal ini sudah dilakukan sejak zaman dulu oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno. Minyak dari bunga matahari diketahui mengandung vitamin dengan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menghambat radikal bebas yang bisa merusak sel kulit. Ada juga vitamin E yang dapat mencegah penuaan.

2. Pemupukan

Manfaat bunga matahari bagi petani biasanya mengolah daun-daun matahari yang kering sebagai pupuk hijauguna menyuburkan tanaman. Pasalnya, tanaman ini diketahui mengandung kadar kalium yang sangat tinggi dan bisa merangsang pertumbuhan tanaman.

3. Pakan Ternak

Selain bisa menjadi pupuk tanaman, Manfaat bunga matahari terutama daun atau kelopak bunga matahari juga banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Bahkan, di luar negeri para petani mengolah daun matahari untuk makanan burung.

4. Kesehatan

Bunga matahari memiliki dampak positif bagi kesehatan jika dikonsumsi. Rebusan matahari dapat mengatasi sakit kepala. Selain itu, rebusan air matahari juga bisa mengurangi keluhan dari sakit rematik dan juga keputihan. Caranya dengan merebus kepala bunga matahari dan menempelkannya pada bagian yang sakit. Sedangkan untuk keputihan bisa direbus dengan akar, daun beluntas, tapak liman, dan daun seribu segar.

5. Diolah Menjadi Minyak

Biji bunga matahari ternyata dapat diolah menjadi minyak. Sebab, sebesar 48% cangkang biji tersebut mengandung minyak yang bisa diolah dan dikonsumsi oleh manusia. Minyak dari bunga ini mengandung asam linoleat yang bagus untuk otak. Selain itu, asam linoleat juga termasuk dalam lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan manusia.

BACA JUGA  Amazing, Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Hidroponik

Sisi Negatif Dari Bunga Matahari

1. Biji Tinggi Kalori

Seperti dilansir Healthline, biji bunga matahari mengandung kalori dalam jumlah tinggi. Jadi jangan dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika cangkang biji tersebut bersalut garam. Biasanya orang akan mengisap cangkang yang asin tersebut sebelum membukanya.

2. Kandungan Kadmium dalam Biji Bunga Matahari

Ini alasan mengapa mengonsumsi biji matahari tidak boleh terlalu banyak, karena biji matahari ini mengandung kadmium. Pasalnya, bunga ini mengandung kadmium lebih tinggi dari makanan lainnya. Bunga ini cenderung mangambil unsur kadmium dari tanah kemudian disimpan dibiji.

Previous articleAmazing , 7 Manfaat Buah Tomat Untuk Wajah Dan Bibir Serta Cara Memakainya
Next article10 Manfaat Bunga Mawar (Rose) Untuk Kesehatan Kulit
Penulis di Benih online dot com - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here