Home Hama dan Penyakit Ada 6 Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi, Cek Penjelasannya Berikut...

Ada 6 Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi, Cek Penjelasannya Berikut ini

111
0
cara membasmi hama wereng pada tanaman padi

Benihonline.com Cara membasmi hama wereng pada tanaman padi . Hama wereng adalah salah satu hama yang paling sering menyerang tanaman padi. Wereng sendiri memiliki ciri sejenis serangga yang besarnya hanya sekitar butiran beras, biasanya akan hinggap di batang tanaman padi dan mulai menghisap cairan di dalamnya. Hewan ini mempunyai daya penyebaran yang sangat cepat dan ganas sebagai hama tanaman padi yang sangat sulit untuk diberantas karena bertengger pada panggal daun padi.

Selain itu, wereng juga kerap menyebarkan virus-virus yang tentu sangat merugikan para petani karena dapat merusak dan mempengaruhi hasil panen padi. Virus yang disebarkan yaitu virus kerdil  sehingga daun menjadi bengkok dan membuat tanaman tumbuh tidak normal. Untuk mencegah serangan hama ini, Anda dapat mengurangi hal-hal yang memicu timbulnya wereng seperti penggunaan pupuk N yang terlalu banyak, terdepat genangan air disekitar lahan, atau kondisi lahan yang lembab.

Jenis – Jenis Wereng

Wereng merupakan serangga penghisap tumbuhan dari anggota Ordo Hemiptera (Kepik Sejati), Subordo Fulgoromorpha, khusunya yang berukuran kecil. Hewan ini juga bisa menjadi vektor begi penyebaran virus yang menjadi penyakit pada tumbuhan penting. Berikut ini adalah jenis-jenis dari Wereng:

Wereng coklat (Nephotettix spp)

Salah satu jenis serangga berwana coklat, menyerang pada padi yang baru mulai muncul, berkembang berkembang biak dan penyebarannya sangat cepat, daur hidupnya pendek, serta mempunyai daya serang yang sangat ganas.

BACA JUGA  6 Jenis Hama tanaman Tomat Dan Cara Pengendaliannya

Wereng hijau (Nilaparvata Lugens)

Serangga ini memiliki ukuran sebesar beras, biasanya penetasannya pada pelepah daun padi, dan jangka penetasannya 6 hari, Menyerang pada daun untuk mengambil cairan sehingga daun menjadi kering.

Wereng Punggung Putih (Sogtella Furcifera)

Tubuh serangga ini tubuhnya lebih kecil dari butiran padi, sebagai penghisap batang padi, jagung, dan rumput-rumputan sehingga tumbuhan tersebut akan kering.

Wereng sendiri terdiri dari 3 jenis, ada wereng cokelat, wereng hijau, dan wereng punggung putih. Kemunculan hama wereng ini yang akan menyebabkan kerusakan bahkan kematian pada tanaman padi. Namun, jika hama wereng sudah terlanjur menyerang, maka pastikan Anda segera membasminya dengan cara-cara efektif berikut ini.

Baca juga: 8 Jenis Hama Dan Penyakit Yang Menyerang Tanaman Seledri

Cara membasmi hama wereng pada tanaman padi

Berikut beberapa cara membasmi hama wereng pada tanaman padi diantaranya, yaitu:

1. Menggunakan Jamur Anti Wereng

Cara membasmi hama wereng pada tanaman padi secara efektif dan aman, Anda dapat menggunakan jamur sebagai agen hayati yang dapat menginfeksi hama tersebut. Jamur yang dapat Anda gunakan seperti jamur Beauveria bassiana yang bahkan dapat menyebabkan kematian terhadap hama wereng.

2. Menggunakan Bawang putih

cara membasmi hama wereng pada tanaman padi menggunakan Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang sering digunakan dan juga memiliki banyak khasiat, salah satunya yakni untuk membasmi hama wereng. Bau bawang putih yang menyengat tidak disukai oleh hama wereng sehingga dapat dijadikan pestisida alami pembasmi hawa wereng yang cukup efektif.

3. Larutan Ekstrak Daun Sirsak

cara membasmi hama wereng pada tanaman padi menggunakan Daun sirsak juga mengandung banyak manfaat terutama diunakan untuk membasmi hama yang meruikan petani, seperti hama wereng. Keuntungan lainnya yakni pestisida ekstrak daun sirsak dapat dibuat dengan harga yang lebih murah dibanding pestisida kimia dan tentunya bersifat aman dan alami.

BACA JUGA  Mengenal hama Penyakit tanaman Bawang Putih, Selengkapnya cek dibawah ini

4. Menggunakan Musuh Alami Wereng

Musuh alami wereng merupakan salah satu cara membasmi hama wereng. Seperti halnya, Anda dapat melepaskan musuh-musuh tersebut ke lahan tanaman padi Anda, seperti laba-laba, belalang, kumbang, kepik, capung dan lain sebagainya.

5. Memberikan Jarak Tanaman

Ketika para petani sudah mulai menanam tanaman padi, maka pemberian jarak antara masing-masing tanaman merupakan salah satu langkah awal pencegahan hama wereng karena dengan begitu hama wereng tidak akan mudah menyebar ke tanaman lainnya.

6. Menggunakan Air Nira

Nira atau sajeng adalah air dari bunga kelapa yang rasanya manis sebagai bahan dasar gula kelapa/merah. Nira ini, salah satu bahan alami yang dicampur dengan air. Cara menggunakannya adalah campur kedua bahan nira dan air masing-masing berbanding 1:2 misalnya 1 liter nira + 2 liter air kemudian di aduk hingga merata pada tanaman padi yang belum atau mulai terkena wereng. Cara kerjanya secara logika wereng akan menempel dan kaku karena zat gula yang lengket pada nira tersebut.

Demikin informasi mengenai cara membasmi hama wereng pada tanaman padi, semoga bermanfaat untuk para petani. Terimakasih.

Previous article8 Jenis Hama Dan Penyakit pada Tanaman Seledri
Next articleKualitas Benih Brisk Green Dari Known You Seed, Cek selengkapnya
Penulis di Benih online dot com - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here