Home Pestisida Easy , Cara Membuat Pestisida Alami untuk membasmi Hama

Easy , Cara Membuat Pestisida Alami untuk membasmi Hama

108
0
cara membuat pestisida alami
cara membuat pestisida alami

Benihonline.com Pada artikel ini , kami akan membahas cara Membuat pestisida alami untuk membasmi serangan hama, pestisida alami ini sangat penting terutama untuk tanaman yang sudah terserang hama, perlu pengendalian cepat. Jika tidak! tanaman akan mati dan dapat mengalami kerugian yang cukup besar. Jika membasmi serangan hama menggunakan pestisida kimia secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Tingginya penggunaan pestisida kimia mendorong berbagai usaha untuk menekuni pemanfaatan pestisida alami untuk mengganti pestisida sintesis.

Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lainnya yang berkhasiat membasmi serangan hama pada tanaman. Pestisida ini sekarang menjadi tren dikalangan petani terutama petani tanaman organik. Ada 2 tanaman yang menjadi bahan utama dan bisa digunakan untuk membuat pestisida nabati adalah daun sirsak dan daun kemangi. Nah, 2 bahan yang kita gunakan ini mudah bukan! karena bahan ini terdapat disekitaran rumah kita.

Pestisida ini dapat berfungsi sebagai penolak, perekat, penarik dan fungsi lainnya. Apabila bahan alam tersebut diberikan kepada tanaman maka tidak akan mengganggu fungsi fisiologisnya. Pestisida nabati hanya memengaruhi hama atau hewan pengganggu dan juga penyakit yang mengganggu tanaman. Beberapa manfaat dan keunggulan pestisida alami antara lain sebagai berikut.

Pertama, mudah terurai (biodegradable) di alam, sehingga tidak mencemarkan lingkungan (ramah lingkungan). Selain itu, pestisida alami relatif aman bagi manusia dan ternak karena residunya mudah hilang. Pun dapat membunuh hama atau penyakit seperti ekstrak dari daun pepaya, tembakau, biji mahoni, dan lain-lain. 

BACA JUGA  Zat pengatur tumbuh tanaman ZPT ATONIK 6.0 Mudah dan Murah

Selain itu, pengunaan pestisida alami juga dapat mengatasi kesulitan ketersediaan dan harganya obat-obatan khususnya pestisida sintesis dan pestisida kimiawi. Dosis yang digunakan pun tidak terlalu mengikat dan beresiko dibanding dengan penggunaan pestisida sintesis. Penggunaan dengan dosis tingi pun, tidak ada tanaman yang mati. Berikut cara pembuatannya diantaranya, yaitu:

Cara Membuat Pestisida Alami

Cara membuat pestisida alami yang dapat membasmi serangan hama menggunakan 2 bahan, yaitu daun sirsak dan daun kemangi. Tumbuhan sirsak merupakan tumbuhanyang dapat dijumpai dan tumbuh subur  di Indonesia, tumbuhan  ini pertama kali berasal dari Karibia, Amerika Tengah.  Tumbahan sirsak sendiri memiliki nama latin Annona muricata , yang memiliki banyak manfaat . Salah satu nya di Bidang Pertanian, yakni daun nya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan Pestisida Nabati.

Di dalam daun sirsak terkandung senyawa Fitosterol,Tanin, Ca-oksalat clan Alkaloid murisine yang sangat bermanfaat untuk dijadikan bahan pestisida nabati. Pestisida nabati berbahan baku daun sirsak berjenis insektisida atau racun serangga yang bersifat racun kontak juga bisa sebagai penolak (repellent) dan penghambat nafsu makan (antifeedant) pada hama khususnya hama serangga. Berikut cara membuat pestisida alami :

1. Pestisida Alami Dari Daun Sirsak

  • Siapkan 50 sampai 100 lembar daun sirsak.
  • Kemudian daun sirsak ditumbuk sampai halus.
  • Daun yang sudah ditumbuk diremdam dalam 5 liter dan 15 gram deterjen atau sabun colek selama 12 jam atau semalaman.
  • Setelah itu, saring dengan menggunakan kain halus.
  • Kemudian simpan pada wadah atau botol.

Cara penggunaannya, yaitu:

Setiap 1 liter larutan diencerkan dengan 10 sampai 15 liter air atau 1 tangki ( 1 liter larutan : 1 tangki). Larutan siap disemprotkan pada tanaman.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Alami Menggunakan Daun Paepaya

BACA JUGA  Easy , Cara Membuat Pestisida Nabati Dari Tembakau dengan Mudah & Murah

2. Pestisida Alami Dari Daun Kemangi

Siapkan bahan dan alat yang akan dibutuhkan untuk membuat pestisida alami menggunakan daun kemangi. Berikut bahan dan alat yang akan dibutuhkan, yaitu:

  • Pisau ,
  • Baskom,
  • Kompor,
  • Wajan atau panci,
  • Saringan,
  • Daun kemanggi,
  • Ekstrak mentimun (mentimun yang sudah diperas airnya),
  • Air.

Cara Pembuatannya, yaitu:

  • Siapkan daun kemangi. Potong dan cacah kecil daun kemangi. Kemudian cuci dengan air.
  • Panaskan air terlebih dahulu hingga mendidih.
  • Lalu masukkan cacahan daun kemangi, rebus selama 1 jam hingga volume air tinggal sedikit.
  • Kemudian, dinginkan kurang lebih 30 menit. Lalu saring menggunakan kain halus pisahkan air dengan ampas daun kemangi.
  • Tambahkan ekstrak mentimun. Pestisida nabati dari daun kemangi siap digunakan.

Cara penggunaannya, yaitu:

Pestisida nabati daun kemangi digunakan dengan cara menyemprotkan langsung kepada tanaman atau kepada organisme pengganggu tanaman. Pestisida nabati daun kemangi mampu melemahkan dan mematikan hama tanaman. Namun jika kawan – kawan kesulitan membuatnya bisa membeli pestisida nabati naturo dengan harga terjangkau

Demikian informasi dari kami semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih.

Previous articleAda 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan, Salah Satunya Menghilangkan Komedo
Next articleCari Tahu Yuk! 10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh
Penulis di Benih online dot com - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here