Home Kategori Tips dan Trik Cara Memotong Rockwool Hidroponik Sesuai Dengan Karakteristiknya

Cara Memotong Rockwool Hidroponik Sesuai Dengan Karakteristiknya

668
0
cara memotong rockwool hidroponik

Benihonline.com – Jakarta, Cara memotong rockwool hidroponik Rockwool merupakan media tanam dari mineral batuan yang memiliki manfaat untuk berbagai keperluan, terutama untuk keperluan tanaman hidroponik. Salah satu alasan penggunaan rockwol sebagai media tanam adalah karena pas dan cocok untuk segala jenis sayuran.

Karakteristik Rockwool

Karakteristik rockwool ini adalah netral serta tidak mengandung bahan kimia atau penyakit. Akan tetapi Anda harus mengetahui cara memotong rockwool hidroponik yang tepat sebelum memulai budidaya tanaman dengan metode hidroponik.

Jika dilihat sekilas rockwool ini mirip dengan serabut kapas yang pada dan sedikit berbulu karena ia memang terbentuk dari materi mineral batuan. Saat akan memotong material ini Anda perlu melakukannya dengan penuh kehati-hatian.

Jika tidak berhati-hati tidak jarang Anda akan menemukan serpihan rockwool beterbangan, hal ini yang cukup berbahaya jika Anda sampai menghirupnya. Sebelum membahas lebih lanjut tentang teknik memotong rockwool hidroponik, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Rockwool juga memiliki sifat yang ringan dan mudah menyerap air. Meskipun mudah menyerap air dan cepat basah, rockwool juga cepat kering. Sehingga jangan sampai terlambat dalam melakukan penyiraman. Untuk mengakali hal ini, Anda dapat melapisi tray semai menggunakan lembaran plastik yang diletakkan dengan sisi plastik sedikit naik, agar air bisa tergenang.

Persiapan Alat

Peralatan yang perlu Anda siapkan sebelum memotong rockwool adalah penggaris besi serta gergaji besi kecil. Sebaiknya hindari menggunakan pisau atau benda tajam lain, karena akan kesulitan dalam proses pemotongan serta dapat membuat rockwool hancur. Alat yang cocok digunakan adalah gergaji kecil bergerigi atau pisau bergerigi.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Kol Menggunakan Sistem Hidroponik Dft

Anda bisa membeli alat untuk memotong rockwool dengan mudah dan harga terjangkau. Berikut link Cara memotong rockwool hidroponik dengan harga terjangkau

Cara Memotong Rockwool Hidroponik

  1. Permukaan rockwool ini terdiri dari dua sisi. Satu sisi memiliki pola dan alur dan sisi lainnya tidak berpola. Pada bagian pola ini Anda dapat membuat garis-garis sebagai batas untuk setiap benih yang akan ditanam.
  2. Selanjutnya Anda dapat menarik garis lurus pada keempat sisi rockwool. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk panduan dari lebar rockwool yang akan Anda potong agar memiliki lebar sisi yang sama. Ketebalan 1,5 cm serta usahan pada saat pemotongan tidak ada bagian yang tersisa.
  3. Potong dengan cara perlahan sehingga mengurangi debu bertebaran dan rockwool juga tidak akan mudah hancur. Pastikan pemotongan dilakukan sesuai dengan garis lurus serta posisi rata.
  4. Iris rockwool dengan bentuk lembaran dengan ukuran memanjang 2,5 cm serta lebar 2,5 cm. Beberapa petani dalam metode hidroponik ada yang memotong hingga terpisah, akan tetapi ada juga yang mengiris dengan ketebalan tertentu.
  5. Setelah rockwool berhasil diiris, saatnya untuk membasahi rockwool dengan menggunakan air pH 0, kemudian rockwool tersebut siap untuk diisi dengan benih tanaman yang sudah Anda siapkan.

Demikianlah beberapa cara memotong rockwool hidroponik yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda.

Previous articleTeknik Tepat Menanam Cabe Hidroponik Sederhana
Next articleYuk kenali perbedaan Hidroponik NFT Dan DFT
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here