Home Budidaya Cara Menanam Jahe Merah dengan mudah dan murah

Cara Menanam Jahe Merah dengan mudah dan murah

713
0
cara menanam jahe merah
cara menanam jahe merah

Benihonline.com. Jahe adalah salah satu tanaman yang berguna. Cara menanam jahe merah juga mudah sehingga semua pasti bisa melakukannya. Akan tetapi untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil panen jahe maksimal, maka berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Cara menanam jahe merah

– Persiapan bibit

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mempersiapkan bibit yang akan Anda gunakan untuk bertanaman. Ketika Anda akan memilih bibit jahe, pastikan jahe yang akan Anda tanam masih segar, tidak keriput dan masih utuh. Pastikan juga bibit jahe Anda tidak terserang hama dan penyakit agar hasil panen Anda melimpah.

Hal lain yang harus dilakukan untuk persiapan bibit ini adalah dengan mempersiapkan bibit dengan merendamnya di pupuk cair. Perendaman ini dilakukan selama 10 menit dan setelah itu diangin-anginkan. Jika sudah diangin-anginkan, maka Anda bisa lanjut ke cara menanam jahe merah selanjutnya.

– Persiapan media

Setelah Anda mempersiapkan bibit jahe yang akan Anda tanam, maka cara menanam jahe selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mempersiapkan media yang akan Anda gunakan. Media yang akan Anda gunakan ini adalah media dengan campuran tanah, pasir dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Untuk membuat hasil tanam jahe Anda tumbuh dengan baik, Anda akan membutuhkan media dengan unsur hara yang besar. Jika Anda merasa unsur hara dari media tanam Anda masih kurang, maka Anda bisa menambahnya dengan dolomit. Pastikan Anda mengaduk media campuran ini secara merata.

– Cara menanam jahe merah

Jika bibit sudah disiapkan dan media juga sudah disiapkan, maka Anda bisa melanjutkan proses penanaman jahe ke tahap selanjutnya. Setelah semuanya siap, Anda bisa mengambil media tanam dan memasukkannya ke dalam pot atau ke dalam polybag. Jika Anda ingin menanam jahe dengan menggunakan pot yang besar, pastikan Anda menanam bibit jahe dengan jarak sekitar 1 cm antara bibit satu dengan bibit lainnya.

BACA JUGA  Cara menanam tomat di pot dan Keuntungannya

Baca juga : CARA MENANAM BAWANG MERAH DI POT

Pastikan Anda hanya memasukkan media tanam hanya ¼ bagian saja. Setelah Anda memasukkan media tanam ini, maka Anda bisa memasukkan bibit yang akan Anda tanam ke dalam polybag atau ke dalam pot yang sudah disiapkan tadi. Nah selanjutnya Anda bisa menutup bibit tersebut dengan sisa media tanam yang sudah Anda siapkan.

Cara pemupukan

Setelah penanaman selesai dilakukan, selanjutnya kamu bisa Anda bisa melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk yang Anda inginkan. Bisa pupuk cair maupun pupuk kandang. Akan lebih baik jika Anda memilih pupuk yang organik sehingga tanaman jahe merah Anda bisa berkembang dan Anda bisa panen maksimal.

Nah, demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai cara menanam jahe merah yang bisa kami rekomendasikan. Semoga berhasil ya!

Previous articleCara Menanam Cabe Rawit di pekarangan rumah
Next articleCara Menanam Bawang Putih di Pot dengan mudah
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here