Home Kategori Budidaya Cara Menanam Bawang Putih di Pot dengan mudah

Cara Menanam Bawang Putih di Pot dengan mudah

296
0
cara menanam bawang putih di pot

Benihonline.com. Untuk Anda yang ingin menanam bawang putih tapi selama ini belum tahu cara menanam bawang putih di pot ini dan sering gagal, maka berikut ini adalah beberapa cara yang harus Anda perhatikan.

CARA MENANAM BAWANG PUTIH DI POT

Siapkan bibit

Hal pertama yang harus Anda siapkan ketika ingin menanam bawang putih adalah dengan mempersiapkan bibit yang tepat untuk tanaman Anda. Pemilihan bibit yang berkualitas sangat penting untuk memastikan tanaman bawang putih Anda tumbuh dengan baik dan memiliki hasil umbi bawang putih yang berkualitas.

Bibit yang paling baik untuk ditanam adalah umbi yang kering dan memiliki kulit yang berkilau. Setelah itu, pastikan bibit bawang putih ini sudah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas. Bibit bawang putih yang disimpan ke dalam kulkas ini ditujukan agar bibit tersebut mengeluarkan tunas terlebih dahulu. Jika tidak pastikan Anda mengupas bawang putih yang akan Anda tanam terlebih dahulu sebelum menanamnya.

Siapkan media

Selanjutnya adalah mempersiapkan media yang akan Anda gunakan untuk menanam bawang putih Anda. Ketik Anda mempersiapkan media untuk cara menanam bawang putih di pot ini, maka pastikan Anda menghindari tanah dengan sifat yang lunak seperti tanah liat.

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE RAWIT DI PEKARANGAN RUMAH

Lalu apa tanah yang paling cocok digunakan untuk menanam bawang putih ini? Tanah yang paling cocok untuk menanam bawang putih di pot ini adalah tanah yang dicampur dengan beberapa bahan yang kaku. Seperti sekam dan pasir. Sekam dan pasir akan membuat tanah menjadi berongga tapi tetap bisa menyimpan kelembaban. Kelembaban sangat dibutuhkan terutama pada beberapa hari pertama penanaman bawang putih agar ia bisa tumbuh lebih subur.

BACA JUGA  Cara Menanam Kangkung Hidroponik Untuk Pemula

Lakukan penanaman

Setelah bibit dan media sudah disiapkan dengan baik, maka saatnya Anda melakukan proses cara menanam selanjutnya. Untuk penanaman bawang putih ini masukkan media yang sudah Anda siapkan ke dalam polybag atau ke pot yang sudah Anda siapkan.

Setelah memasukkan media ini ke dalam pot yang sudah disiapkan buat lubang pada media tersebut dan masukkan bibit yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Setelah dimasukkan tutup kembali bawang putih dengan media tanam tapi hindari menutup secara total hingga ujungnya tidak terlihat.

Cara menanam bawang putih di pot ini juga dilakukan sedalam 2 cm hingga 3 cm dari permukaan tanah disesuaikan dengan ukuran dari bawang putih yang Anda gunakan.

Tips pemupukan dan penyiraman

Untuk Anda yang akan melakukan pemupukan dan penyiraman tanaman bawang putih ini, Anda bisa melakukan pemupukan dalam waktu 1 minggu sekali dan melakukan penyiraman secara teratur setiap hari. Pastikan Anda menyiram bibit bawang putih hingga lembab, tidak kering dan tidak terlalu lembek.

Demikian cara menanam bawang putih di pot semoga bermanfaat ya!

Previous articleCara Menanam Jahe Merah dengan mudah dan murah
Next articleCara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here