Home Kategori Budidaya Cara Menanam Bawang Merah Di Pot

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot

350
0
cara menanam bawang merah

Benihonline.com, Cara menanam bawang merah di pot . Bawang merah merupakan salah satu bahan dan bumbu dapur yang sangat penting untuk dapur ibu-ibu. Hal ini disebabkan karena di Indonesia, bawang merah bisa dibilang sebagai bumbu utama masakan nasional. Untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran bulanan dengan menanam bawang merah sendiri tapi tidak memiliki lahan, maka berikut ini adalah cara menanam bawang merah di pot yang hemat tempat.

Cara menanam bawang merah

Tahap persiapan

Tahap persiapan adalah tahap yang digunakan untuk mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses penanaman bawang merah. Untuk Anda yang ingin menanam bawang merah, Anda akan membutuhkan beberapa bahan seperti media tanam dan juga bawang merah. Untuk alatnya Anda akan membutuhkan pot atau polybag, pisau, pupuk dan juga dolomit.

Dolomit dibutuhkan jika tanah tidak memiliki unsur hara yang cukup. Unsur hara yang cukup ini dibuktikan dengan ukuran pH tanah berkisar antara 5.6 hingga 6.5. Tahap persiapan selanjutnya adalah dengan merendam bawang merah dengan pupuk cair untuk menghilangkan bakteri dan virus yang dapat merusak pertumbuhan tanaman.

Untuk umbi bawang merahnya, Anda harus pilih umbi bawang merah yang benar-benar kering dan berkualitas. Kualitas dari umbi bawang merah ini bisa dilihat dari warnanya yang mengkilap.

Tahap penanaman

Cara menanam bawang merah di pot selanjutnya adalah tahap penanaman. Tahap ini merupakan tahap yang dilakukan untuk menanam bawang ke dalam media. Media yang sudah disiapkan dan memiliki unsur hara yang cukup bisa dimasukkan ke dalam polybag atau pot yang sudah disiapkan.

BACA JUGA  Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar

Selanjutnya ambil bawang merah yang telah direndam ketika sudah 30 menit perendaman. Bawang merah tersebut kemudian dipotong ujungnya sedikit lalu dibuatkan lubang di tanah. Lubang ini digunakan sebagai tempat untuk meletakkan umbi bawang merah yang sudah direndam dan dipotong.

Setelah umbi diletakkan, maka badan umbi akan ditutup kembali dengan media tanam. Pastikan bagian atas umbi yang dipotong tidak tertutup media tanam karena potongan ini nantinya akan jadi tempat tumbuhnya tunas dari bawang merah. Pastikan umbi bawang merah berada pada posisi yang kuat dengan tubuh umbi di dalam media tanam dan tunggu hingga 7 hari untuk proses pemupukan.

Tahap pemupukan tanaman bawang merah

Cara menanam selanjutnya adalah tahapan pemupukan. Pemupukan pertama dilakukan pada usia tanaman 7 hari. Pemupukan ini dilakukan dengan kadar sesuai dengan pupuk yang akan Anda gunakan. Biasanya pemupukan minggu pertama hingga minggu keempat akan menggunakan kadar pupuk yang sama. Setelah itu minggu kelima akan menggunakan kadar pupuk yang berbeda.

Nah demikian ulasan mengenai cara menanam bawang merah di pot semoga ulasan yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang berencana menanam bawang merah di pot atau di polybag. Selamat mencoba semoga berhasil!

Previous articleDear Pemula hidroponik ! Menanam Hidroponik di Rumah itu mudah
Next articleCara Menanam Cabe Rawit di pekarangan rumah
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here