Home Budidaya Hidroponik Dear Pemula hidroponik ! Menanam Hidroponik di Rumah itu mudah

Dear Pemula hidroponik ! Menanam Hidroponik di Rumah itu mudah

731
0
menanam hidroponik di rumah

Benihonline.com, Jakarta. Hidroponik kini menjadi tren baru dalam dunia bercocok tanam. Kebanyakan orang memanfaatkan teknik hidroponik untuk menanam berbagai macam sayuran seperti pok coy hingga sawi pagoda. Teknik hidroponik juga memiliki lebih banyak kelebihan dibanding dengan menanam dengan teknik konvensional. Pada kali ini kita sedikit akan membahas cara menanam hidroponik di rumah

Menanam hidroponik di rumah

Menanam dengan teknik hidroponik juga lebih ramah lingkungan. Tanaman hasil hidroponik juga lebih bersih dan sehat sehingga banyak orang tertarik untuk menanam dengan hidroponik. Terutama bagi mereka yang memiliki lahan sempit, membuat hidroponik sederhana di rumah bisa menjadi salah satu solusi berkebun.

Bahan Serta Peralatan yang Diperlukan

Untuk membuat hidroponik sederhana di rumah kita bisa memanfaatkan beberapa bahan yang ada di sekitar kita. Kita bisa menggunakan botol plastik bekas, dan sebagainya. Karena tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, kita bis menggunakan sabut kelapa, pecahan genting, pasir hingga serbuk kayu.

Metode Menanam Hidroponik

Menanam dengan sistem hidroponik ada berbagai metode. Untuk tekniknya sendiri ada dua teknik. Yang pertama adalah dengan menggunakan larutan nutrisi hidroponik. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan media pengganti tanah.

Namun, bagi pemula, cara yang paling tepat untuk menanam hidroponik di rumah adalah dengan sistem wick atau sumbu. Sistem ini merupakan sistem hidroponik yang paling murah dan mudah dilakukan bahkan oleh pemula. Dengan memanfaatkan sumbu sebagai media untuk mengalirkan nutrisi ke tanaman.

Cara Membuat Hidroponik Sistem Wick

Menanam hidroponik di rumah bisa dilakukan dengan Cara membuat hidroponik sistem wick membutuhkan botol air mineral bekas ukuran 600 ml. kita juga memerlukan sumbu kompor dan rockwool. Lalu potong botol bekas air mineral menjadi dua bagian. Pada sisi leher botol, diberikan lubang menggunakan solder atau paku panas. Buat dua lubang pada bagian atas leher botol.

BACA JUGA  Cara menanam tomat di pot dan Keuntungannya

Setelah membuat lubang, masukan sumbu melalui kedua lubang. Setelah membuat botol untuk menanam, selanjutnya adalah menyemai benih. Potong rockwool ukuran 2.5 x 2.5 cm lalu semprot secukupnya dan letakkan pada nampan. Jika memiliki tray semai, mka bisa menggunakan tray semai.

Lubangi rockwool dengan tusuk gigi pada bagian tengah dan masukkan benih ke dalam lubang. Setelah benih dimasukkan, tutup nampan selama 2 hari. Simpan pada tempat yang gelap. Jika benih sudah mulai berkecambah, maka pindahkan pada tempat yang terkena sinar matahari. Namun pastikan rockwool dalam keadaan basah dan bersih.

Jika kecambah sudah mulai tumbuh, maka kita sudah bisa memindahkan benih ke dalam botol yang sudah disiapkan tadi. Usahakan untuk mengisi nutrisi pada tanaman secara rutin agar tumbuh subur. Selada, kalian, pak coy hingga strawberry cocok menggunakan sistem hidroponik ini. Terutama bagi yang tinggal di lingkungan perkotaan dengan lahan yang sempit, teknik hidroponik merupakan salah satu teknik yang paling tepat.

Demikian uraian singkat menanam hidroponik di rumah dengan cara sederhana dan praktis menggunakan metode wick system. Semoga bermanfaat

Previous articleTerkini, Hidroponik Kangkung dan lele Sekaligus? Bisa Kok
Next articleCara Menanam Bawang Merah Di Pot
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here