Home Kategori Budidaya Cara menanam tomat di pot dan Keuntungannya

Cara menanam tomat di pot dan Keuntungannya

321
0
cara menanam tomat di pot
Tanaman tomat

Benihonline.com. Cara menanam tomat di pot bisa anda terapkan di rumah anda. Tomat merupakan tanaman yang hanya bisa bertahan selama 5 bulan setelah masa tersebut tomat akan kesulitan untuk menghasilkan buat lagi. Meskipun anda tidak memiliki lahan yang tidak begitu luas, anda tetap bisa menanam tomat dengan cara menggunakan pot. Media tanam pot bisa dilakukan dengan teknik hidroponik. Ini tidak terlalu membutuhkan lahan tanam.

CARA MENANAM TOMAT DI POT

Bibit tomat yang berkualitas akan menghasilkan tomat yang baik, pertumbuhan tomat akan sangat berpengaruh pada bagaimana cara anda memilih bibit.

1. Memilih bibit

Untuk mendapatkan bibit tomat, anda bisa membeli bibit yang sudah tersedia di toko tanaman atau dengan membuat bibitnya sendiri. Cara membuat bibit tomat sendiri, anda hanya perlu tomat yang sudah sangat matang. Mulai pisahkan biji dan juga daging tomat kemudian lakukan pembersihan pada biji tersebut.

BACA JUGA : CARA MENANAM TANAMAN LIDAH BUAYA

Tiriskan biji tomat dan rendam dengan pupuk organic selama 3 jam. Tujuannya untuk mempertebal bibit agar terhindar dari berbagai penyakit tanaman salah satunya Micrococcus roseus. Jika anda membeli bibit, baiknya carilah bibit di toko yang terpercaya bahkan benih tomat harus sudah bersertifikat.

2. Lakukan penyemaian bibit tomat

Sebelum anda menanamkan benih ke pot, sebaiknya lakukan penyemaian agar bisa disesuaikan sesuai dengan pertumbuhan serta perkembangan benih tomat. Anda bisa masukkan benih ke dalam polybag yang berisi tanah subur. Lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari.

BACA JUGA  Cara Menanam Kangkung Hidroponik Untuk Pemula

– Mempersiapkan media tanam pot

Untuk menanam tomat dengan pot, anda tentu harus mempersiapkan media tanam terlebih dahulu agar tomat bisa tumbuh maksimal. Gunakan arang sekam untuk penanaman tomat di pot. Arang dimasukkan ke dalam pot. Jarak antara peletakan pot satu sama lain sekitar 40 cm. Hasil dari penyamaian bibit tomat kemudian dimasukkan ke dalam media tanam pot. Cara menanam tomat di pot sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan orang.

Untuk memindahkan bibit tidak dilakukan secara sembarangan. Anda harus menyirami semai bibit dengan air. Selanjutnya, cabut bibit tomat dengan hati-hati dan gunakan alat pencukil yang aman. Pot yang disediakan tadi, dibuatkan lubang tanaman dan kedalaman lubang harus disesuaikan dengan semai bibit tomat. Masukkan bibit dengan batang yang tegak lurus dan masukkan secara perlahan-lahan. Untuk menyiram nutrisi usahakan tidak mengenai duan dari tomat.

– Cara merawat tomat

Penanaman tomat dengan hidroponik akan sedikit berbeda dengan penanaman biasanya. Simpanlah tomat-tomat di dalam rumah kaca dan lakukan pengecekan secara rutin. Jika ada daun yang tua, harus dibuang dan mengecek hama agar tidak menganggu pertumbuhan dari tomat.

– Keuntungan menanam tomat dengan pot

Cara menanam tomat di pot dengan hidroponik memang memiliki keuntungan-keuntungan. Mulai dari perawatannya yang mudah. Penanaman dengan media hidroponik akan lebih mudah dalam mengontrol hama dan penyakit tanaman.

Di samping itu, cara menanam ini bisa menghemat biaya dan tidak terlalu membutuhkan lahan atau pekarangan yang luas. Anda bisa menanam dengan hidroponik dimana anda tidak perlu media tanah.

Penanaman tomat dengan hidroponik akan lebih mudah lagi untuk dirawatnya dan tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak.

BACA JUGA  Cara Mudah Hidroponik Sistem Wick Dengan Botol Bekas

Demikian cara menanam tomat di pot dengan simple dan murah

Previous articleNatural , Langkah Sederhana Cara Menanam Bunga Mawar Secara mudah
Next articleAmazing, Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Hidroponik
Penulis di benih online dot com - Menyukai dunia digital online, Menyukai berkebun dengan sistem hidroponik serta senang berbagi pengalaman dan wawasan lewat media online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here